Oleh: Delthawati Isti R.
Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah kehidupan manusia di dunia. Saat ini dunia meningkatkan akselerasi penemuan vaksin Covid-19 dan berpacu dengan penyebaran Covid-19. Penyebaran Covid-19 dapat terjadi antarmanusia sehingga menyebabkan perlu adanya pembatasan interaksi secara langsung. Kegiatan preventif dalam mencegah penyebaran Covid-19 diantaranya, menerapkan social distancing dengan menjaga jarak minimal satu meter, memakai masker, sering cuci tangan menggunakan sabun, membawa hand sanitizer, menghindari kerumunan, tetap berada di rumah.
Materi dan tugas diberikan guru seyogianya tidak memberatkan siswa, dengan kata lain kesuksesan pembelajaran daring yaitu siswa memiliki pola yang baik dalam aktif mengikuti pembelajaran setiap hari. Keterbatasan interkasi siswa dengan guru membuat siswa berusaha memahami materi dan aplikasinya lebih giat dari hasil menonton video pembelajaran, pembelajaran virtual meeting meggunakan zoom atau google meet, mempelajari modul yang diberikan, pembelajaran dengan google classroom, atau mencari tahu sendiri di internet. Tugas yang diberikan guru akan berusaha diselesaikan dengan baik dengan berbekal pengetahuan yang dimiliki. Proses pembelajaran daring sesungguhnya dapat menumbuhkembangkan karakter siswa untuk bertanggung jawab, disiplin, adaptif, dan mandiri belajar.
Pemberian tugas daring juga dapat diberikan suplemen untuk literasi mengenai Covid-19 sesuai dengan mata pelajaran. Literasi Covid-19 yang terintegrasi dalam mata pelajaran dapat menambah pengetahuan mengenai aplikasi ilmu terhadap peran pertahanan diri saat terjadi wabah Covid-19. Fisika merupakan ilmu yang startegis diaplikasikan dalam berbagai bidang. Pemberian tugas fisika dengan literasi Covid-19 diharapkan dapat menanamkan kesadaran dalam usaha pencegahan Covid-19 dan berpikir kritis terhadap konsep fisika digunakan alat. Pemberian tugas fisika berbasis literasi Covid-19 dapat dilakukan dengan siswa menganalisis artikel, peristiwa, poster, kegiatan, atau penggunaan alat dalam kehidupan sehari-hari terkait Covid-19. Berikut disajikan beberapa contoh soal suplemen tugas fisika dengan literasi Covid-19 yang telah dibuat dan contoh hasil pekerjaannya.
Tugas Literasi alasan social distancing dilihat dari konsep fisika
Atau dapat pula
disajikan:
Dengan pemberian tugas ini diharapkan siswa dapat menyadari bahwa
batas minimal aman berinteraksi secara langsung antar manusia adalah 1 m.
Sehingga siswa dapat menghitung sendiri jangkauan rata-rata tetesan bersin,
diharapkan siswa dapat taat tetap disiplin menjaga jarak jika berinteraksi
dengan orang.
Tugas literasi
penggunaan alat untuk mendukung mencegah Covid-19 dengan menggunakan konsep
fisika
Siswa mengerjakan soal bersuplemen literasi Covid-19 yang diberikan diharapkan dapat secara simultan memahami konsep fisika dan pencegahan penyebaran Covid-19 serta menanamkan untuk disiplin menjaga diri sesuai protokol kesehatan.
#CerdasBerkarakter
#BlogBerkarakter
#SeruBelajarKebiasaanBaru
#BahagiaBelajardiRumah
Posting Komentar
0 Komentar